Selasa, 09 Mei 2017

menyanyi adalah inspirasi yang tak akan pernah mati,, inilah cara awal ku untuk memulai prestasi lewat bernyanyi


Namun di lain pihak ada ada orang yang terlalu percaya diri untuk menyanyi, padahal kualitas suara yang dimilikinya sangat tidak mendukung. Atau ia juga tidak menguasai teknik menyanyi yang baik. Akibatnya orang yang ingin mendengarkan suara merdu justru akan menjadi antipati pada dirinya.

Dua masalah yang saling bertolak belakang ini bisa diatasi dengan satu cara yang sama. Yaitu belajar untuk mengetahui Teknik Menyanyi yang Baik.

Belajar teknik menyanyi yang baik memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun kalau sudah terbiasa dan menguasai kita akan merasa kalau menyanyi itu sebenarnya mudah. Terutama bila kita sudah tahu cara menyanyi yang benar mulai dari cara mengatur pernafasan, artikulasi, diksi, ekspresi, penampilan, olah vokal, improvisasi dan sebagainya.

Banyak orang yang bisa menyanyi, namun kualitasnya tidak begitu bagus. Suara atau lagu yang keluar dari mulutnya terasa kosong dan tidak mempunyai roh dan karakter. Karena itu penyanyi yang berkualitas juga akan mengetahui teknik menyanyi yang baik untuk dirinya sendiri. Sebab setiap orang pasti mempunyai jenis suara yang berlainan.

Untuk yang wanita ada jenis suara sopran, mezzo sopran dan alto. Sedangkan untuk laki-laki jenis suaranya terdiri dari tenor, bariton dan bas. Masing-masing jenis suara ini punya teknik tersendiri juga ketika sedang melantunkan sebuah lagu.




AKU INGIN MENJADI SEORANG PENYANYI
Kita dapat memperoleh pengetahuan tentang teknik menyanyi yang baik ini melalui guru vokal. Karena dengan instruksi langsung yang diberikan kepada kita maka segala instruksi tersebut akan dapat lebih mudah untuk kita terapkan.

Selain itu, jika kita menemui kesulitan atau kendala dalam menerapkan teknik menyanyi yang baik, kita pun dapat langsung menanyakan kepada guru vokal kita.

Untuk mendapatkan guru vocal memang kita harus mengeluarkan uang lebih. Terkadang kita harus mengeluarkan uang yang tak sedikit jika guru vokal tersebut adalah guru privat yang hanya mengajari kita saja di rumah kita. Namun dengan ini tentu hasil yang nantinya kita peroleh akan lebih memuaskan dibandingkan jika kita belajar secara berkelompok atau belajar sendiri.

Jika kita tak punya banyak uang, belajar secara berkelompok pun juga tak menutup kemungkinan untuk kita lakukan. Selain biaya yang harus kita keluarkan lebih sedikit daripada ketika kita memanggil guru vokal privat untuk datang ke rumah kita, kita pun dapat berbagi ilmu dengan orang lain dalam kelompok kita.

Jika untuk mendatangkan guru vokal rumah kita atau kita yang mengikuti kursus menyanyi kita tidak mampu, janganlah berkecil hati. Saat ini banyak media yang dapat membantu kita untuk mendapatkan teknik menyanyi yang baik salah satunya adalah internet. Kita dapat browsing untuk mencari infomasi ini dan kita terapkan sendiri.

Langkah akhir ini memang sangat murah untuk dilakukan. Hanya saja jika kita menemui kesulitan kita tak dapat bertanya langsung untuk segera mendapatkan jalan keluar dari permasalahan kita itu.
Memperoleh Teknik Menyanyi yang Baik

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan teknik menyanyi yang baik:
Sering melakukan latihan pernapasan

Seringkali orang akan merasa cepat lelah dan serak ketika sedang berlatih teknik menyanyi dengan benar. Sehingga untuk berbicara saja akan terasa susah. Untuk menghindari masalah ini kita harus mengetahui juga cara mengatur pernafasan yang baik.

Teknik pernapasan yang baik akan mempengaruhi kualitas kita dalam menyanyi. Latihan pernapasan ini akan menentukan seberapa baik kita dalam menyanyi. Oleh karena itu latihan pernapasan ini sangatlah penting untuk kita lakukan dan kita kuasai.

Kita dapat memulai melakukan latihan pernapasan dari pernapasan perut dan pernapasan dada. Dari pernapasan yang pendek-pendek ke pernapasanyang panjang-panjang.

Kita pun harus rutin dalam melakukan latihan pernapasan ini. Tak boleh berhenti walaupun hanya satu hari saja. Kerutinan kita dalam melakukann latihan pernapasan ini pun juga akan mempengaruhi hasil penguasaan teknik menyanyi kita.

Jika ingin melakukannya dengan disiplin, ini akan membantu untuk membuat ketahanan suara makin meningkat dan pita suaranya juga tidak mudah terganggu.
Teliti dalam memilih makanan

Selain itu sehabis berlatih, jangan langsung minum air meski merasa haus. Tunggulah beberapa saat sekitar tiga atau lima menit agar tenggorokan menjadi nyaman lebih dahulu. Dan kalau minum, jangan minum air yang terlalu dingin atau panas. Selain itu makanan yang mengandung minyak dan yang pedas juga perlu dihindari.

kita memang harus menghindari makanan-makanan yang memberikan efek buruk pada kualitas suara yang kita hasilkan. Kebanyakan dari makanan ini tidaklah baik untuk tenggorokan kita.

Jenis minuman yang dingin atau es dan makanan berminyak dan terlalu pedas memang tidak terlalu baik untuk tenggorokan kita. Makanan dan minuman ini akan menurunkan kualitas suara kita.

Untuk mendapatkan teknik menyanyi yang baik memang kita harus pandai-pandai dalam memilih jenis makanan. Kita harus rela menahan keinginan untuk makan makanan yang tidak baik untuk kualitas suara yang kita hasilkan walau pun kita sebenarnya sangat menginginkannya.
Rajin berlatih menyanyi

Dan agar bisa lebih cepat menguasai teknik menyanyi yang benar, kita harus rajin berlatih dan jangan malu untuk minta pendapat atau kritikan dari teman maupun guru vokal kita. Ini bertujuan agar bila ada kesalahan ketika sedang menyanyi, kita bisa mengetahuinya dan segera memperbaikinya.

Dengan semakin banyak berlatih tentu kualitas suara kita akan semakin meningkat setiap harinya. Ibarat pepatah semakin sering diasah maka semakin tajam pisau.

Begitu pula dengan menyanyi, semakin sering kita berlatih menyanyi dengan menerapkan teknik-teknik yang telah kita dapat untuk menguasai teknik menyanyi yang baik, semakin cepat kita menjadi seorang penyanyi yang memiliki suara yang berkualitas.

Setiap penyanyi yang handal telah memiliki jadwal ruin untuk berlatih menyanyi. Terlebih kita yang masih pemula, tentu waktu yang digunakan untuk berlatih menyanyi haruslah lebih banyak daripada mereka.
Sifat Penyanyi

Kelemahan yang paling sering terjadi pada seorang penyanyi, terutama yang pemula adalah kualitas suara yang tipis, pengucapan kata yang tidak terlalu jelas dan pengaturan tempo yang tidak pas. Berdasarkan spesifikasi di atas, sifat dari penyanyi itu ada tiga :
Musical absolute

Yaitu orang yang punya bakat luar biasa di bidang musik. Sehingga dia tidak butuh waktu yang lama untuk mengusai teknik menyanyi yang benar.

Kemampuan luar biasa dalam menyanyi ini adalah sebuah anugrah yang patut untuk disyukuri. Seseorang dengan anugrah ini tak perlu repot-repot dan capek-capek berlatih untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus. Walau pun, latihan tetaplah dibutuhkan untuk mempertahankan kualitas suara yang telah dimiliki.
Musical

Yaitu orang yang bisa bermain musik namun bakatnya tidak terlalu besar. Orang ini bisa menguasai teknik menyanyi yang baik, tapi waktu yang dibutuhkan lebih lama.

kebanyakan orang mungkin termasuk dalam kategori ini. Butuh banyak usaha untuk menjadi penyanyi yang handal yang menguasai teknik menyanyi yang baik.
A Musical

Orang ini sama sekali tidak punya bakat di bidang musik atau tarik suara. Modal yang dimiliki hanya tekad dan keberanian saja. Tapi dengan usaha yang ulet dan keras, serta waktu yang cukup lama, dia bisa menguasai teknik menyanyi yang baik.

Termasuk golongan yang manakah Anda ini?. Sebenarnya hal ini tidak begitu punya pengaruh. Karena kalau hanya untuk menyanyi di depan teman atau keluarga sendiri dengan tujuan untuk kesenangan dan menghilangkan stress saja setiap orang bisa melakukannya.

Beda kalau Anda ingin menjadi penyanyi profesional dan mau menjadikannya sebagai pekerjaan. Teknik menyanyi dengan baik harus benar-benar dikuasai. Dengan mengusai teknik menyanyi yang benar maka kemampuan menyanyi anda akan selalu meningkat sehingga anda menemukan kekhasan dari suara anda. selain itu juga akan mendongkrak karir anda sebagai penyanyi.

Untuk mendapatkan teknik menyanyi yang baik memang harus dilakukan dengan berbagai usaha yang tak pernah putus asa dan pantang menyerah. Jika kita sudah menguasainya maka kesempatan untuk menjadi penyanyi yang handal terbuka lebar di depan kita. Walau pun misalnya kita tak terlahir dengan anugrah suara yang indah dan merdu namun hal itu bukanlah penghalang bagi kita untuk mewujudkan mimpi menjadi penyanyi terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar