Selasa, 09 Mei 2017


PENGERTIAN SUARA FALS DAN  CIRI CIRI

Suara fals sebenarnya bukan berasal dari suara orang, melainkan penyimpangan nada yang berasal dari alat musik juga bisa disebut sebagai suara fals. Nada dari suara manusia dan alat musik yang menyimpang dari seharusnya inilah yang disebut dengan suara fals.

Suara Fals Itu Seperti Apa?

Dari pengertian suara fals yang ada diatas, tentu ada yang belum paham, jadi kalian baca selengkapnya dibawah ini agar lebih paham lagi.

Suara fals ini merupakan ketidakselarasan dalam bunyi musik. Jadi pelafalan nyanyian ataupun bunyi alat musik tidak sesuai dengan iramanya.

Ciri ciri suara fals

Lalu bagaimanakah cara kita mengetahui kalau suara kita fals?

Misal kalian menyanyikan sebuah lagu atau memainkan alat musik berupa gitar yang mempunyai nada C Am Dm G C (kayak lagu lupa lupa ingat).

Lalu dalam memainkan musiknya kalian membunyikan Cm Am Dm G C . Dari sana yang dulunya seharusnya C mayor kalian memainkannya menjadi C minor, nah inilah yang dapat disebut dengan suara fals.

pengertian suara fals



Cara menghilangkan suara fals

Bagaimana cara mengatasi suara fals yang selalu datang saat bernyanyi?

Memang fals dalam menyanyi adalah sesuatu yang bisa terjadi pada siapapun. Penyanyi wanita Go Internasional Anggun juga pernah fals dalam bernyanyi, jadi yang sempurna itu tak ada.

Tapi apabila dalam setiap bernyanyi kita selalu bersuara fals, maka kita harus menghilangkannya.

Cara menghilangkan suara fals yaitu bisa dengan kursus musik agar dilatih suara yang benar. Disana kalian dapat melakukan latihan suara yang fals.

Disana kalian bisa latihan teknik untuk mengatasi suara fals seperti menggunakan teknik solfegio (baca:solfej) yaitu teknik untuk berlatih mengenai vokal dari yang termudah hingga yang tersulit.

Atau juga disana kalian akan dilatih tentang bagaimana cara berlatih yang bisa mengubah pita suara menjadi lebih baik lagi. Latihan ini biasa disebut dengan moami amo. Selengkapnya bisa kalian cari di google ya…

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian suara fals. Jadi lebih tahu lagi mengenai apa itu suara fals.

Mungkin kalau saya mau, dalam kesempatan lain akan membahas mengenai arti picing dalam bernyanyi. Jadi kalian akan belajar mengenai apa itu picing dan pengertian picing saat bernyanyi.

1 komentar: