Selasa, 09 Mei 2017

RAISA JATUH BANGUN MEWUJUDKAN MENJADI PENYANYI TERKENAL

Di balik suksesnya yang luar biasa, siapa menyangka dulunya Raisa Adriana harus jatuh bangun mewujudkan mimpi menjadi penyanyi terkenal. Seperti apa perjuangannya?— simak juga artikel sebelumnya Raisa: pengalaman romantis di Venesia–nya Belgia.

Usia Raisa saat itu baru 3 tahun dan lucu-lucunya. Di depan orangtuanya, bocah kecil itu suka bercuap-cuap dan bergaya layaknya seorang penyanyi. Kegemaran Raisa bernyanyi berlanjut hingga duduk di bangku SMA. Pada 2004, ia mulai sering tampil di kafe atau mengisi acara ulang tahun hingga menjadi wedding singer. Namun, hal itu tak membuatnya berpuas diri. Karena pada dasarnya ia bermimpi menjadi penyanyi profesional, memiliki album, dan dikenal publik.

Dua tahun kemudian Raisa mencoba membuat single berjudul Serba Salah. Merasa sreg dengan lagu itu ia menawarkan ke beberapa produser rekaman. Sayangnya, semua tak berjalan mulus. “Kalau enggak salah aku pernah menawarkan lagu itu ke dua label, tapi ditolak. Karena dianggap kurang ini itulah, susah diterima pasar. Intinya ditolak,” tutur Raisa dengan senyum kecut.

Beli Tabloid Nyata ED 2286 2015 (Rp. 10.000)

Toh pengalaman tidak mengenakkan itu tak membuat jera Raisa untuk terus menyanyi. Ia pun kembali sebagai penyanyi regular kafe. Berapa honornya kala itu? Raisa enggan menyebut angkanya.

Gagal menembus dapur rekaman, Raisa mencoba cara lain. Ia mulai banyak bergaul dengan para musisi yang sudah lebih dulu ngetop saat itu. Salah satunya dengan Kevin Aprilio. Pada 2008, Kevin mengajak Raisa bergabung dengan band yang dibentuknya, Andante.Namun pihak label rupanya menginginkan konsep berbeda. Alhasil Andante harus mengeliminasi seorang personelnya. Sialnya yang mesti hengkang ternyata Raisa!

Setelah ditolak bergabung dengan band, Raisa memutuskan menjadi penyanyi solo. “Mungkin jalan aku ya kalau akhirnya harus menjadi penyanyi solo. Menurutku kalau solo idealismenya memang lebih terjaga,” ungkapnya.

Sebagai bagian dari promosi, Raisa juga membuat video akustik Serba Salah yang diunggah ke YouTube. Boleh dibilang ini merupakan video klip pertama Raisa yang dikemas dalam sebuah live performance akustic.

Meski single Serba Salah akhirnya menjadi hits, namun Raisa tidak berpuas diri. Dengan nama yang mulai dikenal, tidak terlalu sulit baginya merilis album pertama. Ia berhasil menggandeng label rekaman besar, meski hanya sebatas titip edar.

Album pertama Raisa yang diberi judul namanya sendiri dirilis pada 2011 oleh Solid Records dan Universal Music Indonesia. Serba Salah berhasil mengantarkannya meraih penghargaan Anugerah Planet Muzik 2012 sebagai Best New Female Artist.

Sebagai wanita, Raisa mengaku masih memiliki banyak impian. “Karena aku tidak pernah tahu kapan kesempatan dan semuanya ini bakal berubah. Yang penting aku bisa meresap banyak ilmu,” cetusnya.

(Teks oleh: Agnes/FR)

Tentang Tabloid Nyata

Tabloid Nyata adalah tabloid mingguan yang mengulas berita hiburan dan berbagai tips. Simak artikel menarik lainnya seperti eksplorasi pesonel SMASH, pernikahan Andien dan Irfan tinggal menghitung hari, hingga Nycta Gina bercerita mengenai kisah cintanya dengan Rizki Kinos pada edisi terbaru kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar